Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Cara Membuat Metatrader 4 Portable dan MT4 Portabel

Portable Metatrader 4


Sebelumnya, telah dibahas cara menginstal metatrader baik untuk mt 4 windows, mt4 linux, mt4 mac dan juga pada mt4 smartphone android. Nah kali ini adalah MT4 portable dan cara ini juga dapat diterapkan pada  metatrader 5 (MT5). Portabel ini biasanya digunakan untuk anda yang menggunakan lebih dari 1 komputer dalam trading dan cara menggunakan akun metatrader 4 demo untuk dibuat klonning pada banyak folder.

Fungsi Metatrader Portabel

Aplikasi metatrader portabel adalah aplikasi trading yang dapat dibawa kemana saja sehingga setting interface, indikator dan sebagainya akan dapat anda gunakan sesuai dengan setelan kesukaan anda.

Secara garis besar, manfaat metatrader portable ini adalah sebagai berikut :
1. Mudah dibawa kemana saja dan dapat disimpan pada flashdisk.
2. Setting UI (User Interface) akan mengikuti hanya pada sebuah folder hasil copy aplikasi.
3. Metatrader 4 portable digunakan untuk client yang memiliki banyak akun trading padabroker yang berbeda.

Langkah Membuat Metatrader 4 Portable.

MT4 portable ini bukanlah sebuah apps seperti pada portableapps.com akan tetapi hanyalah metatrader portable mode dari software metaquotes yang telah kita install. Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Buka lokasi penyimpanan metatrader, yaitu secara default :
 "C:\Program Files (x86)\MetaTrader 4\terminal.exe"
2. Copy semua folder MetaTrader 4 tersebut ke dalam flash disk anda.
3. Buka flashdisk / hardisk internal anda, pilih klik kanan file "terminal.exe" lalu buatlah sebuah shortcut (create shorcut).
3. Setelah shorcut tersebut dibuat, ubah nama shorcut tersebut menjadi portable terminal.
4. Klik kanan pada shorcut portable terminal tersebut, pilih properties.
5. Ubah target lokasi file tersebut dengan menambahkan " /portable" tanpa tanda petik.
6. Jika flashdisk berada pada drive E maka target akan berubah menjadi seperti ini :
E:\MetaTrader 4\terminal.exe /portable
E:\MetaTrader 4\terminal.exeSpasi/portable
Note pastikan bahwa antara .exe dan "/portable" terdapat 1 spasi.

7. klik apply untuk menyimpan perubahan tersebut lalu OK.

Setelah anda melakukan langkah tersebut, metatrader 4 portable telah selesai dibuat dan dapat dibawa bersama flash anda kemana saja dengan file yang hanya akan tersave ke flashdisk anda. Semisal ketika anda membawa flash disk ini ke tempat kerja anda dan digunakan pada komputer kantor maka log dari trading anda tidak akan tersave pada folder direktori induk pada komputer tersebut. Jika cara diatas kurang jelas maka anda dapat mengikuti panduan berikut secara lengkap.

Tutorial Lengkap cara membuat MT4 Portable.

Setelah anda melakukan instalasi metatrader pada komputer, terdapat 2 buah direktori dimana file dari metatrader ini tersimpan. Bilamana anda menggunakan windows xp, maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Anda hanya perlu mengcopi semua isi file dalam folder metatrader tersebut pada folder lain dan dapat di save ke flashdisk atau hd external. Lalu bagaimana dengan windows 7 ke atas ? Nah perlakuan khusus akan hal ini berlaku untuk versi operating system windows 7 ++ dimana program yang kita instal terbagi menjadi 2 folder dan cukup merepotkan bagi pengguna. 
Sebuah pertanyaan, mengapa metaquotes membuat 2 folder secara terpisah sehingga membuat pusing ketika melakukan penyimpanan setting mt4 anda ? Jawabannya adalah microsoft melakukan perubahan pada user account control (UAC) pada OS windows 7 ke atas, sehingga tanpa adanya UAC, data log dan perubahan setting MT4 anda tidak akan tersimpan pada drive C dan berakibat ketika aplikasi ditutup setelah digunakan, maka metatrader tersebut akan kembali lagi menjadi setting default. Tidak hanya pada metatrader 4, hal ini juga terjadi pada aplikasi lainnya seperti mozilla firefox, adobe dan aplikasi lainnya yang terinstal pada program data di drive C.
Kedua direktori tersebut dapat anda lihat pada contoh di bawah ini.

  • 1. Direktori Program Metatrader. (Tempat tersimpannya aplikasi metatrader)
    Secara default, metatrader ini tersimpan pada drive C.
    Contohnya : "C:\Program Files (x86)\MetaTrader 4\terminal.exe"
    Cara mencari folder ini : Klik kanan pada shortcut metatrader, pilih properties kemudian open file location.
  • 2. Direktori Induk Origin Metatrader. (Tempat tersimpanya setelan metatrader).
    Contohnya:
    C:\Users\NAMAKOMPUTERANDA\AppData\Roaming\MetaQuotes\Terminal\KODEUNIX
sebagai contoh folder instalasi metatrader pada komputer saya adalah seperti ini :
C:\Users\guruforex\AppData\Roaming\MetaQuotes\Terminal\50C23DFB34CC5A8F28B48D1BF2A5702
Cara mencari folder ini : buka terminal metatrader, klik file pada sudut kiri atas, lalu pilih open data folder. Perhatikan gambar.
Cara Membuat Metatrader 4 Portable dan MT4 Portabel 1
Membuka folder data melalui aplikasi metatrader 4
 

 Lokasi penyimpanan ini juga dapat anda ketahui melalui cara seperti gambar di bawah ini.
Cara Membuat Metatrader 4 Portable dan MT4 Portabel 2
Membuka folder data aplikasi secara manual


Lokasi pertama atau yang saya sebut direktori program metatrader adalah lokasi dari aplikasi metatrader itu sendiri. Sedangkan pada lokasi folder yang kedua adalah tempat tersimpannya setelan metatrader anda. Pada lokasi folder yang pertamalah kita akan dapat membuat metatrader menjadi portable. Dahulu, sekitar tahun 2007 sewaktu penulis masih menggunakan windows XP, folder instalasi metatrader hanya terdapat 1 pada direktori program sehingga untuk membuat metatrader ini menjadi portabel cukup hanya dengan mengcopy paste semua file di folder direktori program tersebut ke flash disk. Setelah itu fix metatrader bebas dibawa kemana saja bersama di flash disk anda.


Nah sekarang lain lagi, bagaimana kalau setelah di install folder metatrader ada 2 ? yang satu folder direktori program dan satu lagi di direktori induk setelan ? anda masih tetap dapat melakukan copy kedua folder tersebut kedalam flash disk anda. Tapi file UI dan LOG Metatradernya akan menjadi BERANTAKAN.
Cara Membuat Metatrader 4 Portable dan MT4 Portabel 3
Kesalahan Copy paste folder secara langsung tanpa mengedit properties portable


Perhatikan gambar diatas, Jika anda memaksakan untuk melakukan copy tanpa adanya konfigurasi pada kedua folder tersebut ke flash disk, maka akan terdapat 2 folder yang berbeda. pertama folder metatrader (direktori program) dan yang kedua folder metaquotes (direktori induk). Lalu apakah ini akan menjadi masalah jika file tersebut hanya diletakkan begitu saja (copy lalu paste ke flashdisk) ? Saya katakan ini sangatlah berbahaya. mengapa ? karena dengan melakukan hal ini anda akan memiliki resiko keamanan data log anda dapat dimanipulasi oleh orang lain. Saya ingatkan sekali lagi cara copy paste secara langsung seperti ini adalah SALAH. Saya tidak akan membahas hal ini pada materi dasar metatrader ini dan mungkin akan saya bahas pada kurikulum tingkat lanjut.

Oke kembali ke topik, jika kedua folder tersebut dicopy dan paste langsung ke flash disk, metatrader ini tetap akan berjalan tapi penyimpanan datanya akan kembali pada folder direktori induk origin metatrader (sama saja bohong kan). Oleh karena itu agar metatrader ini menjadi benar benar portable terdapat berbagai tips khusus melakukan copy sehingga semua setting file kedepan tidak akan kembali lagike folder induk origin.

Adapun cara membuat portable metatrader 4 yang benar adalah sebagai berikut :

1. Di Desktop / Start menu ada shorcut terminal.exe klik kanan, pilih properties, pilih open file location. Anda juga dapat membuka lokasi penyimpanan metatrader, yaitu secara default pada : "C:\Program Files (x86)\MetaTrader 4\"

2. Setelah foldernya terbuka Copy paste folder metatrader 4 tersebut.
3. Pastekan pada flash disk atau hard disk external anda.
4. Buka folder metatrader 4 anda didalam flashdisk tersebu lalu klik kanan terminal.exe pilih created shorcut.
5. Setelah shorcutnya berhasil dibuat, ubah nama shorcut tersebut menjadi portable terminal.
6. Klik kanan portable terminal tersebut, pilih properties maka akan keluar kolom target.
7. Ubah target tersebut menjadi E:\MetaTrader 4\terminal.exe /portable.
Cara Membuat Metatrader 4 Portable dan MT4 Portabel 4
Cara yang tepat membuat portable metatrader

8. Pastikan ada spasi diantara .exe dan /portable
9. klik apply lalu ok.
10. Metatrader portable telah siap digunakan dan dapat dibawa kemana saja.

Jika anda bingung dalam membuatnya, maka disini saya telah menyediakan link metatrader portable download apps untuk mempermudah anda.

Waduh ? panjang sekali ya caranya tips detailnya dibandingkan dengan tutorial pertama yang diatas lebih pendek ??? Sebenarnya bukan saya tidak mau menuliskan panduan yang cepat, karena penjelasan singkat diatas tanpa mengetahui penjabarannya akan terjebak pada masalah UAC (user account Control) yang saya katakan sebelumnya dan penjelasan akan hal ini akan menjadi lebih panjang.

Lebih baik tutorialnya jelas secara mendetail bukan ? ibarat Seperti kata pepatah "Sambil menyelam minum susu" artinya sambil belajar sambil memahami metatrader ini secara pintar agar kita tidak mudah tertipu oleh seseorang yang mengaku ngaku Dewa Trading padahal hanyalah seorang Penipu. Sebenarnyan sih sambil menyelam minum air, tapi minum air saja tidak membuat pintar, perlu minum susu kan ? hehehe..

Okelah bagi yang tidak mau pusing silahkan download metatrader portable version dibawah ini yaitu portable metatrader 4 yang telah saya buat dan sediakan untuk anda.

Download Portable Metarader 4

Link download :
Metatrader 4 portable download.
Metatrader 5 portable download.rar

NOTE :
1. Teknik pembuatan shortcut portable ini juga dapat diterapkan pada direktori program pada drive C (instalasi metatrader yang asli) untuk memudahkan anda agar tidak bolak balik folder ketika menyesuaikan settingan pribadi anda.

2. Jikalau anda melakukan copy paste folder secara langsung dalam pembuatan MT4 ini, resiko baik itu script, log, template, user interface, indikator akan tersave di komputer dimana mt4 dijalankan. Bila anda menjalankannya pada komputer kantor maka lognya akan tersave disana. Begitupula pada komputer lainnya juga akan ikut tersimpan dan beresiko pada keamanan akun anda.
3. Pembuatan Metatrader Portable ini hanya dapat dilakukan pada Metatrader versi 4 Build 600 keatas.
Cara Membuat Metatrader 4 Portable dan MT4 Portabel 5
Metatrader version 4 build 1010 18 agustus 2016

Pastikan anda selalu membuka terminal portable ini ketika menggunakannya secara portable (komputer bukan milik anda) dan jangan pernah menggunakan terminal.exe asli yang ada pada folder tersebut. Akan tetapi terminal exe tidak boleh dihapus karena portable itu sendiri hanyalah sebuah shorcut yang berfungsi menjalankan terminal.exe dan mengubah /mengalihkan data user interface anda, baik template, indikator dsb sehingga tetap tersimpan pada flashdisk dan bukan ke folder direktori Origin metatrader pada DRIVE C seperti yang diterapkan oleh terminal.exe defaultnya.
Bagaimana ? Cukup mudah bukan membuat Terminal Metatrader 4 Portable. Mungkin tutorial diatas sudah cukup menjelaskan kelebihan dan resiko penggunaan metatrader portable . Jika terdapat hal yang belum jelas, maka anda dapat menanyakan tentang artikel tutorial belajar forex trading pada kurikulum belajar metatrader diatas dengan cara berkomentar pada artikel Cara Membuat Metatrader 5 Portable dan MT4 Portabel скачать. Pada artikel belajar forex selanjutnya kita akan mempelajari dan memahami .........

Tutorial Selanjutnya
Kurikulum Belajar Forex Pemula : Cara Membuat Account Demo dan Real Forex

Artikel Sebelumnya
Kurikulum Belajar Forex Pemula : Cara Install Metatrader di Linux

Anda juga dapat membaca panduan belajar forex lainnya di kurikulum belajar forex.
Halaman Utama : Kurikulum Belajar Forex

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Membuat Metatrader 4 Portable dan MT4 Portabel"

  1. Terimakasih tutorialnya, ijin download mt4 portable nya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih. Semoga ilmunya bermanfaat.

    ReplyDelete